Tujuh Cara Mengolah: Masakan Daging Kambing dan Sapi EMPUK NIKMAT TIDAK AMIS bahkan SEHAT

daging kambing sapi sehat empuk tidak amis
daging kambing sapi sehat empuk tidak amis

Resep ini bukan rahasia bagi para ibu-ibu rumah tangga penggemar masak dan para ahli. Yaitu agar resep masakan daging kambing atau daging sapi menjadi spesial, cepat empuk/lunak alami dan tidak amis/prengus. Saya kumpulkan dari beberapa sumber,
Tips agar daging kambing atau sapi supaya cepat lunak/empuk ketika dimasak, sekaligus menghilangkan bau amis (bhs. Jawa: “prengus”) pada daging kambing:
Selain itu cara-cara di bawah ini sesuai dengan pola atau menu makanan sehat, juga bagi Anda yang melakukan diet makanan.

Resep ini bisa dilakukan dua cara saja atau digunakan semua caranya agar lebih mantap (asalkan buah nanas atau serbuk papain tidak kebanyakan agar daging tidak hancur lebur).

  1. Potong-potong daging berlawanan arah dengan serat daging
  2. Daging kambing atau sapi dibungkus dengan daun pepaya. Diamkan selama 1 jam. Bisa juga ditambahkan serai (sereh/serei) banyak-banyak agar bau kambing hilang.
  3. Penting untuk tidak mencuci daging kambing dengan air dingin.  Bisa dengan cara mencuci daging kambing menggunakan air panas, atau rebus air hingga mendidih, masukkan daging kambing, biarkan hingga berbuih, lalu buang buihnya hingga habis.
  4. Daging sapi atau kambing tidak langsung dimasak sebab cenderung liat (alot), akan tapi daging kambing atau sapi direbus terlebih dahulu dengan rempah-rempah. Rempah-rempahnya yaitu; kunyit dan jahe, ditambahkan daun salam, serai (sereh) dan lengkuas.
  5. Dengan penambahan/campuran mentimun, contohnya: Potong timun kecil-kecil lalu aduk berbarengan dengan daging. Proses mengaduk berlangsung kurang lebih sepuluh menit. Namun apabila masih belum hilang diaduk terus hingga aroma timunnya menjadi lebih tercium (dominan).
  6. Bisa juga dengan cara yang sangat bagus yaitu menggunakan buah nanas untuk melunakkan/membuat empuk. Caranya, daging kambing atau sapi yang sudah diiris-iris dicampur atau dilumuri dengan nanas yang sudah diparut atau diblender/jus. Biarkan selama 1 jam. Banyaknya parutan buah nanas tergantung selera dan kebutuhan. Semakin banyak jumlah nanas semakin empuk pula dagingnya, malah bisa jadi hancur berderai. Jadi hati-hati sesuaikan takarannya sesuai selera dan kebutuhan. Buah nanas punya keunggulan menggelontorkan lemak. Cocok bagi Anda yang ingin mengurangi berat badan. Sesuai pengalaman paman saya, parutan atau potongan buah nanas bisa juga digunakan sebagai campuran bumbu ketika dimasak. Tetapi kalau nanasnya terlalu banyak bentuk potongan dagingnya bisa hancur. Jadi takarannya sesuai selera Anda saja, mungkin Anda memang ingin membuat resep terobosan baru resep sedap citarasa sup daging segar dengan nanas asam sebagai bumbu penyegarnya. Silahkan dicoba.
  7.  Tip terakhir, sebenarnya mirip dengan daun pepaya yaitu dengan serbuk papain yang disarikan dari getah pepaya. Serbuk papain bisa dibeli di toko swalayan atau supermarket.
  8. Ada juga yang mengatakan bahwa parutan buah apel dan sari buah jeruk bisa melunakkan daging pada masakan, tetapi saya belum pernah mencoba. Konon apel dan sari buah jeruk mengandung asam atau vitamin C yang dapat melunakkan serat daging. Wallahu a’lam. anas_samosir

Catatan:

  • Beberapa bahan bisa Anda gabungkan sesuai selera Anda sendiri, artinya bahan bisa dicampur saat mentah sebelum direbus, atau bisa dicampurkan pada perebusan pertama, atau bisa juga pada perebusan kedua saat betul-betul memasaknya.
  • Gunakan minyak zaitun sebagai pengganti minyak kelapa sawit dalam menggoreng atau menumis, ini akan menekan/mengurangi kadar kolesterol jahat dan menaikkan kadar kolesterol baik.
  • Dalam ilmu pengobatan alami (herbal medicine), bahan nomor 5 yaitu mentimun yang digabung labu siam kemudian dijus/diblender adalah untuk mengobati penyakit tekanan darah tinggi. Takarannya 1 buah labu siam dengan 2 buah mentimun (dari Prof. H. M. Hembing Wijayakusuma). Diminum secara teratur akan lebih baik. Tapi bagi penderita maag dan asam urat jangan mengonsumsi jus labu siam.
  • Memperbanyak buah yang kadar airnya tinggi seperti timun juga membantu mengurangi kadar asam urat (gout artritis) dalam darah. Buah berkadar air tinggi selain timun adalah semangka, blewah, dan jeruk.
  • Sedangkan bahan nomor 6 yaitu buah nanas dapat digunakan untuk menguruskan badan yang kegemukan (diet makanan), karena sifat buah nanas yang menggelontorkan/meluruhkan lemak. Ambil buah nanas ukuran sedang. Jika teratur meminum jus atau parutannya dua kali sehari insya Allah bisa mengurangi berat badan dan badan Anda akan lebih sehat bugar. Tentunya juga Anda jauhi bibit penyakit, menjauhi makan-minum berlebihan, dan diimbangi olah raga. (Baca Majalah ProHerbal) anas_samosir

Wallahu a’lam.

Pencarian pengunjung Resep Obat Mahal dot com seputar:

  • cara memasak daging sapi biar empuk
  • cara melunakkan daging
  • cara melunakkan daging sapi
  • cara masak daging sapi biar empuk
  • cara mengolah daging sapi biar empuk
  • masakan daging sapi
  • resep masak daging sapi biar empuk
  • masak daging sapi agar empuk
  • cara memasak daging sapi supaya empuk
  • tips daging cepat empuk

8 Responses

  1. Tips yang menarik Om,

    Biasanya makan danging kambing dah jadi pantangan seiring pertambahan Umur kita :)

  2. [...] Nikmatnya Masakan Daging Kambing dan Sapi yang Empuk Tidak Amis bahkan Sehat [...]

  3. Mantap dan semakin maju pak samosir…

  4. Alhamdulillah Pak Hari. Jazakumullah khairan. Semoga Allah selalu memberi kita taufiq dan kesehatan, serta keselamatan di dunia dan akhirat. Aamiin.

  5. Evaline

    That’s not just the best answer. It’s the bestest answer!

  6. India

    Whoevoer edits and publishes these articles really knows what they’re doing.

  7. abu luthfi

    Alhamdulillah,
    sangat bermanfaat informasinya pak. oya usul kalau bisa ada tautan/fitur utk share via email/facebook.
    Jazakallohu khoiron

  8. @ Abu Luthfi:
    Alhamdulillah. Wa jazakumullah khairan. Insya Allah diusahakan ke depannya.

Tulis Komentar Anda